Jumat, 03 Oktober 2014

Bunga-bunga Yang Menyehatkan

Diposkan oleh Dina Cahyaningtyas
Seringkali kita melihat mawar menghias di vas-vas pada ruang tamu atau ruang kerja. Kadang, mawar atau melati menjadi hiasan-hiasan wajib bagi para pengantin yang akan menikah. Namun, tahukah kalau mawar ternyata mengandung khasiat untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit, selain kegunaannya dalam sabun-sabun atau produk kecantikan?


Dari buku “262 Tumbuhan Obat & Khasiatnya” karangan Drs. H. Arief Hariana, terbitan Penebar Swadaya, dikatakan bahwa bunga mawar yang memiliki nama ilmiah Rosa chinensis Jacq. mengandung sitral, sitronelol, geraniol, linalol, nerol, eugenol, feniletil, alkohol, famesol, nonil-aldehida. Efek Farmokologis yang ditimbulkan di antaranya melancarkan sirkulasi darah, menormalkan siklus haid, antiradang, menghilangkan bengkak, dan mentralisir racun. Penyakit-penyakit yang bisa diobati oleh bunga mawar adalah batuk darah, campak, haid tidka teratur, keputihan, maupun prolapsus uteri.


Selain mawar, ada juga bunga Melati. Diambil dari buku yang sama, bunga melati memiliki manfaat untuk demam, sakit kepala, influenza, diare, jerawat, menghentikan produksi ASI yang berlebihan, radang mata merah, sesak napas, maupun susah tidur. Melati yang memiliki nama latin Jasminum sambac mengandung bahan kimia seperti asam format, asam asetat, asam benzoat, linalol, asam salisilat dan lain-lain. Efek farmakologis bunga dan daun melati di antaranya untuk anti radang, peluruh kemih, diaforetik, pelancar pernapasan, mengobati demam, influenza, sakit kepala, radang mata merah, dan masih banyak lagi. Susah kalau mau disebutin satu-satu.

Dua bunga yang kita lihat sehari-hari dan memiliki bau harum dan indah ini ternyata memiliki manfaat untuk mengobati penyakit yang sedang kita alami.