Minggu, 05 Oktober 2014

Jenis-jenis Anjing : Golden Retriever dan Akita

Diposting oleh Unknown
Anjing-anjing ras mulai banyak dipelihara di Indonesia. Yang paling populer sekarang ini sering kita sebut anjing husky yang memiliki bulut lebat dan memiliki kemiripan seperti serigala. Namun, di negara tropis seperti ini, sebenarnya cukup kasihan untuk anjing-anjing berbulu lebat seperti itu untuk hidup. Karena pada dasarnya, fisik mereka diperuntukkan untuk menghadapi udara dingin. Bila tidak pandai atau telaten dalam merawatnya, justru anjing itu akan sakit-sakitan dan pada akhirnya mati. Ada begitu banyak anjing ras di Indonesia, seperti Alaskan Malamute, ras akita, beagle, cihuahua dan masih banyal lagi. Tiap-tiap anjing tersebut pun memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda-beda.



1. Jenis Golden Retriever
Anjing jenis ini banyak dipelihara. Sifatnya yang ramah, setia, dan lembut menjadikan anjing jenis ini populer di kalangan para pecinta anjing. Anjing ini dapat dimanfaatkan untuk memandu orang buta, anjing pendengar untuk orang tuli, anjing berburu, pendeteksi obat terlarang dan anjing peserta dalam pencarian dan penyelamatan  korban.


2. Jenis Akita
Pernah melihat film Hachiko, di mana sang anjing sangat setia pada tuannya, meski tuannya sudah mati? Sungguh film yang sangat menyentuh bukan, hingga anjing tersebut pun ikut pergi bersama tuannya. Akita adalah jenis Spitz besar anjing yang berasal dari daerah utara pegunungan Jepang.

Akita mmemiliki keberanian, kewaspadaan, dan pengabdian kepada keluarganya dan luar biasa sayang dan setia dengan keluarga dan teman-teman sangat melindungi daerahnya dan berhati hati dengan orang asing. Dahulu Akita digunakan untuk berburu beruang, babi hutan dan rusa di Jepang. Namun, sekarang, Akita digunakan sebagai anjing pendamping, pelindung pribadi dan sebagai anjing terapi.

Akita umumnya anjing kuat tetapi mereka peka terhadap obat-obatan tertentu, sensitif terhadap vaksin, obat-obatan, insektisida, anestesi dan obat penenang.