Kamis, 02 Oktober 2014

Manfaat beberapa macam buah yang Kita kenal : Bengkoang, Belimbing manis, Belimbing Wuluh

Diposting oleh Unknown



Bengkoang
Bengkuang atau lebih sering dibilang bengkoang sering dijual di tukang rujak dengan berbagai macam buah lainnya dan dicocol dengan saus gula merah yang kental dan manis. Di kosmetik-kosmetik kecantikan, bengkoang juga dimanfaatkan sebuah masker alami atau sabun pemutih juga.

Dalam buku “262 Tumbuhan Obat & Khasiatnya” karangan Drs. H. Arief Hariana, terbitan Penebar Swadaya, Bengkoang memiliki andungan pachyrhizon, rotenon, vitamin B1, dan vitamin C. Daun dan bijinya mengandung saponin dan flavonoid, sedangkan umbinya mengandung protein, fosfor, besi, vitamin A, B1, dan C. Akan tetapi, biji dan daunnya mengandung racun. Karena  patut diperhatikan dalam menggunakan tumbuhan bengkoang ini. Bengkoang memiliki manfaat untuk penyakit beri-beri, Demam, diabetes Melitus, Panyakit kulit dan eksim, Sariawan serta Wasir.



Belimbing Manis
Masih dari buku yang sama, saya ingin mengulas sedikit mengenai belimbing manis.
Belimbing manis yang memiliki nama latin Averrhoa carambola L. memiliki rasa asam dan manis. Bunganya punya rasa manis, netral, sedangkan batang, daun, dan akarnya memiliki rasa asam, kelat, dan netral. Belimbing manis yang bisa kita jumpai di pasar dan (lagi-lagi bisa kita temukan di abang-abang penjual rujak), memiliki manfaat dan kegunaan antara lain untuk diabetes melitus, kolesterol, darah tinggi, influenza, kencing batu, lever, malaria, serta sakit kepala kronis.



Belimbing Wuluh
Buah belimbing bentuknya lonjong, berwarna hijau dan rasanya benar-benar sangat asam dan tidak enak. Biasa dipakai oleh ibu-ibu rumah tangga untuk memasak sayur asam atau asem-asem. Belimbing Wuluh memiliki efek farmakologis di antaranya menghilangkan sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, peluruh kencing, dan pelembut wajah.

Bagian yang biasanya dipakai untuk mengobati penyakit adalah daun, bunga, dan buah. Penyakit yang bisa diobati seperti batuk, darah tinggi, jerawat, pegal linu, rematik, dan sakit gigi berlubang.