Kamis, 02 Oktober 2014

Manfaat Asam Jawa

Diposkan oleh Dina Cahyaningtyas
Kita tentu familiar dengan yang namanya asam atau lebih dikenal dengan sebuat asam jawa. Asam sering kali menjadi bahan dari makanan kita, seperti misalnya plecing kangkung atau dalam jamu kunir asam. Saya mengambil sebagian materi mengenai khasit asam jawa dari buku “262 Tumbuhan Obat & Khasiatnya” karangan Drs. H. Arief Hariana, terbitan Penebar Swadaya.


 Asam jawa yang memiliki nama ilmiah Tamarindus indica L. memiliki beberapa khasiat seperti untuk batuk, bisul, borok karena luka, gangguan pencernaan, karang gigi, menurunkan berat badan, mencegah rambut rontok, maupun sariawan. Namun, perlu diingat satu hal. Ada catatan khusus di mana wanita hamil dilarang memakan buah asam jawa yang tua. Saya akan sedikit share mengenai pembuatan ramuan untuk beberapa penyakit seperti sariawan, batuk, maupun mencegah rambut rontok.



.: Sariawan :.
Cuci bersih buah asam jawa atau bubuk kulit kayu asam jawa lalu campurkan dengan air secukupnya lalu gunakan untuk berkumur.

.: batuk :.
Cuci 10 gram daging buah asam, seduh dengan 1 gelas air panas, lalu minum bersama gula merah secukupnya 1 gelas sehari.

.: mencegah rambut rontok :.
Campur buah asam yang sudah masak dengansedikit air. Gunakan ramuan untuk mengurut kulit kepala, cuci dengan sampo, lalu bilas dengan air bersih.