Jumat, 19 September 2014

Candi Gedung Sanga

Diposkan oleh Dina Cahyaningtyas

Candi gedung Sanga terletak di lereng gunung Ungaran, tepatnya di desa Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Disebut sebagai Candi Gedung Sanga karena memang candi ini memiliki 9 bangunan, di mana antara satu candi dan candi lainnya letaknya berlainan. Candi-candi tersebut terletak dari bawah hingga mencapai ke atas dalam posisi yang simetris.

Dari bentuk serta bagaimana posisi candi tersebut dibangun, memperlihatkan perpaduan dari dua religi, yaitu kepercayaan terhadap nenek moyan serta budaya hindu di mana candi merupakan tempat tinggal para dewa. Candi yang dibuat kuncup ke atas mirip dengan budaya jaman batu yaitu punden berundak-undak. Prinsipnya bawah semakin ke puncak, maka roh nenek moyang semakin dekat dengan manusia. Nah, kedua budaya ini menyatu di Candi Gedong Songo dengan mendefinisikan sebagai tempat persembahan untuk roh nenek moyang dimana tempat untuk melakukan prosesi tersebut berada di komplek candi yang berada di atas perbukitan.

Kompleks candi ini dibuat mengitari kawah sumber air panas, sehingga siapa pun yang datang ke sana bisa menikmati keindahan alam di sekitar candi gedung sanga sekaligus merasakan uap panas bumi. Jarak antara satu candi dengan candi lainnya berbeda-beda. Jadi, siap-siap untuk kelelahan ketika berjalan menanjak untuk sampai ke tiap-tiap candi. Selain itu, untuk mencapai ke gedung sanga ini pun bukan hal yang mudah. Jalan yang kita lewati sempit, berlanggak-lenggok, dan menanjak, membutuhak kehati-hatian ekstra dari kita, terutama saat hujan tiba.