Kamis, 11 September 2014

Banjir Kanal Barat Semarang

Diposkan oleh Dina Cahyaningtyas


Sebelumnya, Banjir Kanal Barat tidak memiliki rupa seperti ini. Namun, beberapa tahun yang lalu, sungai ini diperbaiki dan dirombak sedemikian rupa hingga berubah menjadi sangat cantik dan indah dipandang, bahkan... sekarang bisa menjadi tempat penyelenggaran sebuah festival yang bernama festival Banjir Kanal Barat.

Banjir Kanal Barat merupakan sungai terpanjang di kota Semarang yang menjadi gabungan sungai garang, kreo, dan kripik yang berasal dari ungaran dan berfungsi sebagai pengendali banjir utama di kota Semarang. Sebelum dibenahi dan ditata, Banjir Kanal Barat terlihat sangat tidakmenarik untuk menjadi tempat wisata. Banyak semak- ilalang yang tinggi dan pinggirannya juga kotor. Namun, sekarang, semak – ilalang telah dibersihkan. Area pinggiran pun ditata sedemikian rupa hingga menjadi arena berkumpul yang nyaman. Keadaan di sekitar terlihat bersih, sehingga membuat siapa pun senang berkunjung ke sana. Apalagi ada beberapa taman di sekitar sungai ini.


Untuk semakin menyemarakkan keadaan di sekitar sungai ini, maka diadakanlah festival Banjir Kanal Barat, semacam festival perahu hias dan lampion yang selalu ramai dengan kedatangan pengunjung. Selain festival perahu hias, ada juga festival kuliner, pagelaran wayang, dan lain sebagainya. Sangat disayangkan kalai melewatkan acara ini. Namun, hati-hati saat berkunjung ke festival Banjir Kanal Barat, jika anda membawa mobil atau motor, maka bersiaplah untuk menghadapi macet yang lumayan panjang dan lama.