Kamis, 11 September 2014

Marina Semarang

Diposkan oleh Dina Cahyaningtyas

Meski merupakan hasil reklamasi (pengurukan) di wilayah kota Semarang, keindahan pantai Marina tak kalah dengan keindahan pantai-pantai alami pada umumnya. Pantai yang letaknya di dekat PRPP itu elok dipandang dan enak untuk menjadi tempat bersantai. Selain suasana yang tenang, angin semilir dari arah laut pun sering berembus, hingga menimbulkan suasana sejuk. Banyaknya pepohonan di pinggir pantai membuat para pengunjung bisa berteduh dari sengatan sinar matahari.

Pantai Marina terletak persis di seberang Pantai Maron, pantai yang ada di wilayah Bandara Ahmad Yani. Di Marina, ada semacam beton yang mengitari tepi pantai yang berguna untuk menahan abrasi pantai serta menjadi pemecah gelombang. Selain itu, pemecah gelombang itu pun bermanfaat untuk memudahkan kapal-kapal supaya bersandar di pelabuhan. Pantai Marina memang memiliki sebuah pelabuhan untuk kapal-kapal ukuran kecil sampai sedang. Di sana, kita pun bisa menyewa kapal untuk sekedar berputar-putar di sekitar pantai. Semakin banyak orang yang ikut dalam perjalanan itu, biasanya, harga sewa kapal pun akan semakin murah.

Untuk menjangkau Marina tidak terlalu sulit, hanya perlu sedikit usaha apalagi yang belum terbiasa dengan jalan Semarang. Dari arah kota Semarang, kita hanya perlu lurus terus mengikuti jalan, tak perlu belok-belok. Saat menemukan lampu merah pertama (yang mana bila berbelok ke kanan ikuti lampu, sedangkan bila lurus akan menuju ke arah bandara), kita bisa berbelok ke kanan. Lurus terus ikut jalan hingga sampai ke puri Anjasmoro. Kemudian ketika menemukan perempatan dan lampu merah lagi, maka belok ke kanan. Lurus terus kemudian ambil kiri dan terus saja ikuti jalan.

Jalan menuju ke pantai Marina memang tidak mudah. Bahkan, yang pernah datang ke sana (walau sesekali) masih sering kebingungan untuk menuju tempat itu, apalagi dengan petunjuk jalan yang minim.